Acara pengiriman Tesla Cybertruck: Semua yang diungkapkan Elon tentang pikap EV

8 Min Read

Dengan dubstep sebagai soundtrack dan pencahayaan neon sebagai latar belakang, Elon Musk menyerahkan Cybertrucks pertama kepada sekelompok pelanggan terpilih yang mencakup salah satu pendiri Reddit dan pendiri dana VC Seven Seven Six Alexis Ohanian serta pendiri dan CEO Trousdale Ventures Phillip Sarofim.

Bagian streaming langsung dari acara pengiriman Tesla Cybertruck berlangsung singkat — sekitar 30 menit. Namun acara tersebut masih menampilkan semua ornamen tradisional yang diharapkan dari Tesla: musik yang megah dan menggebu-gebu, tamu VIP dan, tentu saja, Musk.

Pengiriman Tesla Cybertruck terjadi setidaknya enam tahun sejak Musk pertama kali men-tweet tentang pembuatan truk dan empat tahun sejak ia meluncurkan pikap yang tampak futuristik.

Melihat lebih jauh dari beberapa fitur yang lebih mencolok — ini adalah bukti peluru — inilah semua yang kami ketahui sejauh ini. Intinya: Cybertruck jauh lebih mahal daripada target yang dibagikan Musk pada tahun 2019. Dan detail lain yang dibagikan sangat sedikit. Beberapa ulasan, termasuk satu dari Marques Brownlee, jauh lebih mencerahkan daripada apa yang dibagikan Musk atau situs resmi Tesla.

Tiga versi

Acara pengiriman truk cyber Tesla

Kredit Gambar: Tesla/tangkapan layar

Tesla Cybertruck pada akhirnya akan tersedia dalam tiga konfigurasi.

Yang paling murah, versi roda belakang bermesin tunggal dengan jangkauan 250 mil, tingkat akselerasi nol hingga 60 mil per jam 6,9 detik, dan harga dasar $60.990, tidak akan tersedia hingga tahun 2025. Ini menyisakan dua motor versi all-wheel dan disebut Cyberbeast, yang memiliki tiga motor.

Varian all-wheel drive diperkirakan memiliki jangkauan 340 mil, kecepatan tertinggi 112 mph dan harga awal $79,990. Cyberbeast hadir dengan perkiraan model jangkauan 320 mil dengan 845 tenaga kuda yang dapat melaju 0 hingga 60 mil per jam dalam 2,6 detik, dapat mencapai kecepatan tertinggi 130 mph, dan dibanderol dengan harga sekitar $99,990. Kedua versi ini diklaim memiliki kapasitas derek sebesar 11.000 pon.

Perusahaan juga akan menawarkan perluasan jangkauan yang akan mendorong versi penggerak semua roda hingga sekitar 470 mil dan Cyberbeast hingga jangkauan lebih dari 440 mil. Namun Tesla tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang range extender atau harganya. Setelah acara tersebut, Musk menggunakan X, sebelumnya Twitter, untuk memberikan penjelasan yang tidak terlalu buram. Dia mengatakan range extender akan menjadi “paket opsional yang muat sekitar 1/3 dari bak truk. Masih ada ruang untuk banyak kargo. Ini dimaksudkan untuk perjalanan yang sangat jauh atau menarik barang berat ke atas gunung.”

Masih belum ada kabar berapa biayanya. Apa pun pilihannya, truk EV atau SUV apa pun dengan harga di atas $80.000 tidak akan memenuhi syarat untuk kredit pajak federal sebesar $7.500. Artinya, varian tingkat menengah dengan range extender mungkin tidak akan melakukannya.

Angka-angka di atas berbeda dengan spesifikasi awal yang pertama kali dibagikan Musk pada acara debut Cybertruck pada tahun 2019. Perusahaan berencana meluncurkan tiga varian, namun harga, derek, dan jangkauannya telah berubah. Dimensi kendaraan produksi juga telah dikurangi sekitar 5% dari prototipe yang diperlihatkan empat tahun lalu, menjadikannya sedikit lebih kecil dibandingkan Ford F-150 Lightning. Pada tahun 2019, perusahaan merencanakan versi termurahnya berharga $39.900, dan memiliki kapasitas derek 7.500 pon dan jangkauan lebih dari 250 mil. Versi tengah dijadwalkan menjadi penggerak semua roda bermesin ganda dengan harga $49.900, memiliki kapasitas derek lebih dari 10.000 pon dan mampu menempuh jarak lebih dari 300 mil dengan sekali pengisian daya. Versi ketiga seharusnya memiliki tiga motor listrik dan penggerak semua roda, kapasitas derek 14.000 pon dan jangkauan baterai lebih dari 500 mil. Versi itu, yang dikenal sebagai “tri motor,” dibanderol dengan harga $69.900.

Saat ini, semua Cybertrucks produksi memiliki koefisien hambatan 0,335 (itu aerodinamis yang bagus, fyi), ban segala medan 35 inci dengan pelek 20 inci, bak truk komposit berukuran enam kaki kali empat kaki, loker gigi tersembunyi dan bagasi depan. Perusahaan mengatakan bahwa secara keseluruhan terdapat 67 kaki kubik penyimpanan yang dapat dikunci dan memiliki muatan maksimum 2,500 pon. Khususnya, Cybertruck adalah a kendaraan steer-by-wire, yang seharusnya memberikannya kemampuan untuk berbelok dan bermanuver dengan cepat.

Perlu diperhatikan juga, Tesla beralih dari sistem kelistrikan 12 volt ke 48 volt seperti yang dilakukan produsen mobil lain seperti Mercedes-Benz dan Volkswagen. Sistem 48 volt menghasilkan distribusi daya yang lebih efisien dan dapat menyediakan arus listrik yang cukup untuk mengisi daya peralatan seperti peralatan listrik.

Cybertruck juga dilengkapi dengan suspensi udara adaptif elektronik yang memungkinkan jarak bebas hingga 17 inci, jika diperlukan.

Eksterior Tesla Cybertruck

Tesla Cybertruck masih memiliki bentuk trapesium dan eksterior baja tahan karat yang sama seperti yang dihadirkan pada tahun 2019 lalu. Namun ada beberapa perubahan. Bak truk tidak lagi terbuat dari baja tahan karat, melainkan dilapisi komposit. Dan kaca spion samping itu? Mereka dapat dilepas.

Eksteriornya dilengkapi kaca lapis baja yang diharapkan dapat menahan benturan bola bisbol dengan kecepatan 70 mph atau hujan es kelas 4. Menguji kaca tidak berfungsi dengan baik pada tahun 2019, bahkan kacanya pecah. Kali ini kepala desainer Franz von Holzhausen berhasil melemparkan bola bisbol ke jendela kendaraan tanpa memecahkannya. Meskipun perlu dicatat bahwa pada tahun 2019 lalu, von Holzhausen melempar bola logam seukuran bisbol. Pada hari Kamis, itu tampak seperti bola bisbol tua biasa dan tidak ada yang dilempar dengan kecepatan 70 mph.

Di dalam truk cyber

Kini setelah Tesla Cybertrucks dikirimkan, ada informasi lebih lanjut tentang beberapa detail interior dan fiturnya.

Saat Musk menyerahkan Cybertrucks tersebut, dia menekan sesuatu yang tampak seperti tombol di pilar B untuk membuka pintu. Perlu dicatat bahwa pintu belakang terbuka pada sudut 90 derajat, sebuah detail yang tidak disebutkan pada acara tersebut tetapi terungkap dalam beberapa video ulasan yang telah dirilis. Begitu masuk, pengemudi dan penumpang mungkin akan melihat layar sentuh infinity berukuran 18,5 inci di depan dan layar sentuh 9,4 inci di belakang. Rupanya, ada juga antarmuka baru, meski Tesla tidak merinci perbedaannya dengan versi saat ini.

Berbeda dengan prototipe, roda kemudi adalah sebuah roda dan bukan kuk. Dan benda aneh lainnya yang ditempatkan adalah pemindah gigi, dalam hal ini tombol yang memungkinkan pengemudi berpindah dari tempat parkir ke tempat parkir atau berkendara, ditempatkan di tempat yang biasanya kita temukan di kaca spion. Oh ya, tidak ada kaca spion.

Menariknya, dan seperti dicatat oleh Brownlee, terdapat kamera depan di luar Cybertruck – yang pertama di dunia Tesla – yang memproyeksikan gambar ke layar tengah untuk membantu pengemudi melihat potensi hambatan.

Cybertruck juga dilengkapi dengan sistem suara 15 speaker yang mencakup dua subwoofer khusus dan amplifier terdistribusi. Filter udara HEPA internal (juga di kendaraan Tesla lainnya), sistem pengisian nirkabel, dan stopkontak USB-C 65W dan 120V/240V juga disertakan.

____________

Diterjemahkan dari situs techcrunch.com

Share This Article