Bantuan Penting untuk Manajer Proyek Baru

4 Min Read

Orang BisnisApakah Anda mengambil peran sebagai manajer proyek? Jika demikian, ini adalah dunia yang benar-benar baru di luar sana, menggunakan ungkapan yang sudah lama ada. Meskipun program pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi Anda memberi Anda alat dan keterampilan untuk menangani beberapa hal, ada beberapa hal yang hanya dapat dipelajari melalui pengalaman. Daripada melakukannya tanpa persiapan, mengetahui beberapa elemen penting sebelumnya akan membantu memastikan bahwa Anda siap menghadapi apa yang akan datang.
Sadarilah Itu Tanggung Jawab Anda
Salah satu hal pertama yang perlu Anda pahami adalah besarnya tanggung jawab yang ada di pundak Anda di sini. Apa pun jenis proyek yang Anda jalankan, keberhasilan atau kegagalannya akan bergantung langsung pada Anda. Apakah proyek Anda sukses besar atau gagal total, hal itu akan mencerminkan diri Anda. Sekalipun proyek tersebut gagal karena hal-hal di luar kendali langsung Anda, itu akan menjadi tanggung jawab utama Anda. Pahami ini sejak awal dan Anda akan melakukannya dengan lebih baik.
Melampaui Tim Anda
Manajer proyek harus bekerja sama dengan tim mereka dan orang lain yang terlibat dalam proyek. Namun, sebagai PM, Anda harus berurusan dengan orang-orang yang terpengaruh oleh proyek yang secara teknis mungkin bukan bagian dari proyek tersebut. Penting untuk dipahami bahwa beberapa dari orang-orang ini akan meremehkan manajemen proyek dan Anda sebagai manajer proyek. Hal ini terutama berlaku untuk proyek klien, di mana klien menghabiskan uang hasil jerih payahnya untuk membayar Anda guna mengelola proyek tersebut. Menyadari sejak awal bahwa Anda akan mendapat persetujuan dan penolakan hanya berdasarkan peran Anda sangatlah penting.
Menumbuhkan Partisipasi
Menyentuh sekali lagi tema yang disebutkan di atas, Anda harus berurusan dengan berbagai macam orang dalam proyek Anda, mulai dari anggota tim hingga manajer dan eksekutif. Salah satu tip terpenting bagi manajer proyek baru adalah memastikan bahwa Anda membuat partisipasi sesederhana dan semudah mungkin bagi mereka yang terlibat. Perangkat lunak baru dapat membantu mempermudah hal ini – sistem yang kuat memungkinkan setiap orang berkomunikasi, berbagi pemikiran dan ide, mencatat data dan mengirimkan dokumen/catatan saat berada di kantor, atau bahkan saat dalam perjalanan jika Anda menggunakan teknologi seluler. Dengan mengambil langkah-langkah sekarang untuk memastikan komunikasi yang mudah, Anda membantu menyederhanakan proyek Anda sekaligus tetap memberi informasi kepada semua orang.
Ketahui Barang Anda
Sebagai manajer proyek, Anda diharapkan mengetahui sedikit tentang segala hal dalam proyek Anda. Anda tidak mampu menjadi seorang spesialis. Anda harus menjadi ahli dalam segala hal. Anda perlu memastikan bahwa Anda memahami (setidaknya sepintas lalu), dengan bidang keahlian setiap anggota tim, memahami peran mereka, memahami apa isi proyek dan apa yang ingin dicapai. Ketahui sedikit tentang banyak hal berbeda – Anda akan mendapati bahwa pekerjaan Anda jauh lebih mudah jika Anda melakukannya.
Dengan tip sederhana ini, manajer proyek baru akan mengalami transisi yang lebih lancar ke peran baru mereka. Meskipun masih ada hambatan di sepanjang jalan, peluang Anda untuk sukses jauh lebih tinggi.

______
Diterjemahkan dari articlesbase.com

Share This Article