Penguat otak dari olahraga dan diet

3 Min Read
sedang berjalan

Kredit: Domain Publik Unsplash/CC0

Studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik sebenarnya merupakan latihan kesehatan mental. Sebuah artikel menyebutkan berjalan kaki selama 15 menit, terutama di alam terbuka, dapat meningkatkan mood dan mengurangi perasaan depresi.

Orang-orang juga tampaknya berpikir lebih jernih setelah berjalan cepat. Masuk akal. Saat jantung memompa oksigen dan nutrisi ke otot-otot yang bekerja, otak mendapat manfaat yang sama.

Adakah makanan yang bisa membantu otak kita tetap fokus?

Pada tahun 2015, para ilmuwan melaporkan pola makan yang terbukti membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif secara bertahap yang mungkin kita alami seiring bertambahnya usia. Itu adalah gabungan dari diet Mediterania dan diet DASH (Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi) yang diberi nama diet MIND (Intervensi Diet Mediterania-DASH untuk Penundaan Neurodegeneratif).

Makanan dengan gaya makan ini kaya akan nutrisi dan zat lain yang diyakini membantu melindungi otak dari kondisi tidak sehat yang disebut stres oksidatif dan peradangan.

Para peneliti dari Rush University Medical Center dan Harvard Chan School of Public Health melaporkan bahwa orang lanjut usia yang mengikuti pola makan ini hingga 10 tahun memiliki tingkat penurunan kognitif paling lambat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti pola makan ini dengan cermat.

Sebuah studi terkontrol acak berikutnya pada tahun 2023 yang mengikuti orang lanjut usia selama tiga tahun yang menjalani diet MIND tidak menemukan perubahan signifikan dalam tes kognitif dibandingkan dengan kontrol. Hal ini membuat beberapa peneliti berasumsi bahwa semakin lama kita mengikuti pola ini, semakin baik.

Berikut rencana umum yang disarankan oleh ahli gizi ahli diet terdaftar:

Setiap hari: Setidaknya tiga porsi gandum utuh, satu atau lebih porsi sayuran (penekanan pada sayuran berdaun hijau), tidak lebih dari 1 sendok makan mentega. Minyak zaitun sebagai lemak tambahan utama.

Mingguan: Setidaknya lima porsi kacang-kacangan, empat porsi kacang-kacangan, dua porsi buah beri, dua porsi unggas, dan satu porsi ikan. Tidak lebih dari lima porsi kue kering dan manisan (ingat, per minggu), empat porsi daging sapi, babi atau domba, dan satu porsi keju dan gorengan.

Santai saja dengan alkohol. Asupan dalam jumlah sedang (tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria) dapat membantu melindungi terhadap penurunan mental, tetapi konsumsi alkohol berlebihan dikaitkan dengan demensia dini, menurut artikel penelitian tahun 2023 di the Jurnal Asosiasi Medis Amerika.

2024 MediaNews Group, Inc. Didistribusikan oleh Tribune Content Agency, LLC.

Kutipan: Penguat otak dari olahraga dan diet (2024, 3 Februari) diambil 3 Februari 2024 dari https://medicalxpress.com/news/2024-02-brain-boosters-diet.html

Dokumen ini memiliki hak cipta. Terlepas dari transaksi wajar untuk tujuan studi atau penelitian pribadi, tidak ada bagian yang boleh direproduksi tanpa izin tertulis. Konten disediakan untuk tujuan informasi saja.

Diterjemahkan dari situs medicalxpress.com

Share This Article